Cara Klaim Asuransi Kerugian Harta Benda

  • March 27, 2019

Asuransi menawarkan banyak hal-hal untuk mengurangi kerugian pada saat terjadinya musibah. Permintaan berdasarkan kebutuhan yang semakin banyak dan meningkat dari masyarakat luas membuat perusahaan asuransi hadir dengan berbagai macam jenis asuransi. Salah satu jenisnya adalah Asuransi kerugian harta benda atau sering disebut property insurance. Asuransi ini merupakan sebuah asuransi yang menjamin kerugian pada harta benda akibat kebakaran, bencana alam, kerusuhan, gempa bumi atau kerusakan lainnya yang timbul dari suatu kejadian yang tiba-tiba kecuali oleh hal-hal yang dikecualikan di dalam pengecualian yang ada di polis.

Untuk dapat mengklaim asuransi kerugian harta benda ini pastinya harus melewati beberapa prosedur dan proses. Prosedur dan proses cara klaim asuransi tersebut diantaranya adalah :


1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan kejadian kepada bagian klaim pada perusahaan asuransi secepetnya dan tidak lebih dari 7 hari setelah kejadian.

2. Kemudian lakukan tindakan yang bisa dilakukan sambil menunggu klaim tersebut diproses yaitu memanggil pelayanan darurat. Cara Klaim Asuransi mesin utama mengalami kerusakan dapat segera untuk melakukan penggantian mesin atau melakukan perbaikkan. Libatkan satuan keamanan untuk menjaga tempat kejadian. Bangun perlindungan atau penopang sementara untuk kaca-kaca atau atap yang rusak apabila hal ini memungkinkan. Pindahkan harta benda ke tempat yang lebih aman untuk mencegah kerusakan berlanjut.

3. Foto sebanyak mungkin kerusakan dan salvage yang ada. Hal ini bisa menjadi bukti apabila nanti perusahaan asuransi meminta bukti-bukti kerusakan yang telah terjadi terhadap harta benda pengaju klaim asuransi.

4. Kemudian perusahaan asuransi akan merujuk Loss Adjuster (ahli independen) untuk memetriksa kerugian dan menetapkan nilai penggantinya. Pihak perusahaan asuransu akan melakukan survei langsung ke tempat kejadian.

5. Untuk mempercepat proses klaim asuransi kerusakan harta benda ini pengaju klaim bisa mempersiapkan kronologi kejadian beserta estimasi nilai kerugian yang didapat akibat kejadian yang telah terjadi dan memberikannya kepada perusahaan asuransi pada saat mereka mendatangi lokasi kejadian

6. Pihak perusahaan asuransi akan meminta dokumen dokumen yang mereka butuhkan untuk proses klaim asuransi kerusakan harta benda ini. Pengaju klaim diharapkan melengkapi dan menyerahkan dokumen yang dimintak tidak lebih dari 15 hari semenjak tanggal dimintanya dokumen tersebut.

7. Perusahaan asuransi akan memeriksa dokumen yang telah mereka terima. Jika mereka menganggap semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap perusahaan akan membuat laporan perhitungan klaim. Perusahaan akan membuat proposal pembayaran.

8. Terakhir, apabila proposal pembayaran telah disepakati perusahaan asuransi akan meminta pengaju klaim menandatangani discharge form sebelum transfer dilakukan. Kemudian pengaju klaim asuransi kerusakan harta benda tinggal menunggu uang pembayaran yang telah disepakati tersebut ditransfer kepada pengaju kalian.

Will

E-mail : admin@virreydelpino.org

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*